Blog

Our latest news

cover

Cendikara Sukses Gelar Webinar Beasiswa dengan Tiga Narasumber Inspiratif

 Pada Jumat, 27 September 2024, Cendekiawan Nusantara (Cendikara) menyelenggarakan webinar dengan tema "Tips & Tricks Studying Abroad Master Degree in Europe" dari pukul 19:00 hingga 21:00 WIB. Acara ini menghadirkan tiga narasumber inspiratif yang merupakan alumni dan penerima beasiswa pendidikan Indonesia, yaitu Ryka Widyaningtyas, Yohanes Andika Tjitrajaya, dan Mif Ardianata Pratama Putra.


Ryka Widyaningtyas, alumni University of Dundee, UK, yang telah menyelesaikan studi Master di bidang Science in Nursing and Health, berbagi pengalaman mengenai perjalanan akademiknya. Sementara Yohanes Andika Tjitrajaya, alumni Erasmus University, Belanda, dalam Master of Arts in Development Studies, membahas pentingnya konsistensi, motivasi, dan komitmen dalam mendapatkan beasiswa. Yohanes Andika juga menekankan pentingnya portofolio pengembangan diri, seperti keterlibatan dalam kegiatan sosial sebagai relawan.


Mif Ardianata, yang akan melanjutkan studi Master di Imperial College, UK, sebagai penerima beasiswa LPDP Kewirausahaan, membagikan strategi khusus untuk memenangkan beasiswa LPDP dan memanfaatkan jejaring internasional. Mif berbagi dari pengalamannya sebagai mahasiswa berprestasi di UGM dengan 34 penghargaan nasional, 4 kali menjadi delegasi Indonesia ke luar negeri, serta posisinya sebagai direktur dan pemimpin termuda di usia 22 tahun.


Pada sesi penutup, Ryka menjelaskan mengenai persiapan hingga kehidupan pasca-lulus di luar negeri dan bagaimana ia berkontribusi kepada Indonesia dengan mendirikan Student Advisory Center (SAC) yang memberikan mentoring gratis bagi pemburu beasiswa.


Acara ini diikuti oleh ratusan peserta yang sangat antusias mendapatkan informasi seputar peluang beasiswa, pendaftaran, serta persiapan mental dan finansial untuk studi di Eropa. Peserta juga diberi kesempatan untuk bertanya langsung kepada narasumber, menjadikan suasana webinar interaktif dan penuh inspirasi.



Dengan suksesnya acara ini, Cendikara berharap dapat terus berkontribusi terhadap kemajuan Indonesia dalam ragam sektor sesuai dengan bidang keilmuan, pengalaman, dan profesi dari para anggotanya. Webinar ini merupakan bagian dari program webinar series yang menjadi salah satu kerja Cendikara 2024-2026. Selain kegiatan ini, pada tanggal 4 Oktober 2024 mendatang Cendikara juga akan melaksanakan Webinar mengenai Mental Health dengan narasumber  Dr. Ayu Dwi Nindyati, M.Si., Psikolog dan akan dibuka langsung oleh  Ratna Prabandari, S.Psi, M.Ed (Kasubag TU BPPT) sebagai pengelola Beasiswa Pendidikan Indonesia.

Prev posts

Lulusan Doktor Tercepat dengan Prestasi Gemilang: Muhammad Syukri Sadimantara dari Universitas Brawijaya

Leave your comment

I agree that the data submitted, collected and stored *